• English
  • Bahasa Indonesia
  • Dedy Julkarnain, Talenta Lokal yang Siap Bersaing Global

    08 / 08 / 2024 Kisah

    Sumbawa Timur Mining

    Dompu, 8 Agustus 2024— Bekerja di perusahaan pertambangan multikultural, dengan berbagai latar belakang orang dan tantangan yang beragam, tak membuat Dedy Julkarnain berkecil hati. Pria kelahiran Desa Marada, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu 31 tahun yang lalu ini selalu percaya diri dan terus mengembangkan potensi yang ia miliki. Saat ini, ia memberikan dedikasi terbaiknya bagi PT Sumbawa Timur Mining (STM) bersama Emergency Response Team (ERT), Departemen Health, Safety & Risk (HSR).

    Nama Dedy Julkarnain tidaklah asing di kalangan karyawan STM, terutama di area kerja Site Hu’u. Pria murah senyum ini memiliki hubungan baik dengan sesama kolega, dalam urusan pekerjaan maupun pergaulan sehari-hari. Pribadi yang ramah dan senang membantu membuat Dedy mendalami perannya di ERT dengan sepenuh hati. Baginya, menjaga keselamatan sesama lebih dari sekadar pekerjaan: tetapi panggilan jiwa sebab kehidupan adalah yang utama bagi setiap orang.

    Dedy yang dijumpai di sela-sela aktivitasnya, mengungkapkan rasa syukur karena bisa bergabung di dalam Proyek Hu’u yang dijalankan STM. Ia sangat senang dapat turut serta mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang ada di daerahnya, bukan hanya untuk kepentingan pribadi atau segelintir orang, tetapi untuk perkembangan Kabupaten Dompu yang lebih baik. Ia pun sangat mengapresiasi manajemen STM yang sangat memerhatikan talenta lokal seperti dirinya untuk tumbuh dan berkembang bersama-sama.

    Sarjana Ilmu Sosial di Universitas Muhammadiyah Mataram ini mulai bergabung bersama STM untuk proyek konstruksi News Staging akhir 2018. Ia sempat bergabung di proyek geothermal STM sebagai asisten administrasi dan foreman. Pada awal 2023, Dedy memantapkan kariernya bersama ERT departemen HSR. Karakter Dedy yang senang terhadap tantangan baru membuatnya tak sulit dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja maupun bidang baru.

    Menurutnya, manajemen STM terus mendorongnya sebagai putra daerah untuk terus meningkatkan kapasitas diri dengan berbagai pelatihan sesuai perkembangan proyek.

    Ini yang sangat luar biasa selama saya bergabung di STM. Pimpinan dan manajemen terus mendukung kami sebagai putra daerah untuk meningkatkan pengetahuan secara teknis dan nonteknis, dan itu semua ditanggung oleh perusahaan.

    Sebagai anggota ERT, Dedy memiliki tanggung jawab untuk memastikan tamu yang berkunjung maupun kontraktor mitra bisnis STM yang baru bergabung untuk diberi kesadaran keselamatan (safety awareness), maupun tindakan evakuasi korban. Hal itu membuatnya harus terus meningkatkan kapasitas diri melalui pelatihan bersertifikat maupun latihan secara mandiri.

    Beberapa pelatihan dan sertifikat keahlian yang berhasil Dedy peroleh antara lain Confined Space Rescue, Authorize Gas Tester (AGT), Tenaga Kerja pada Ketinggian Level 1-2, SAR, Vertical Rescue/Penyelamatan Medan Terjal, Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Petugas Kebakaran Kelas D-B, First Aid Level 3, Multiple Casual Incident Plan (MCIP), Road Accident Rescue (RAR), Penanganan Keselamatan Bahaya Gas H2S, serta Pengawas Operasional Pertama.

    Dedy meyakini bahwa Proyek Hu’u akan semakin berkembang pesat. Semakin banyak orang akan berdatangan, baik lokal, nasional, bahkan internasional untuk bersama-sama memajukan proyek ini. Sebagai talenta lokal, ia optimistis dapat terus memberikan yang terbaik dan tidak merasa terancam dengan perkembangan tersebut. Terlebih lagi, perusahaan selalu mendorong karyawannya untuk selangkah lebih maju setiap harinya melalui berbagai program yang disediakan.

    Sebagai tim ERT, ia pun berpesan kepada seluruh rekan kerjanya untuk terus bersama-sama menjaga proyek ini sebaik mungkin, dimulai dari menjaga keselamatan diri sendiri. Dalam beberapa tahun ke depan, tahapan eksplorasi akan beranjak menuju tahapan konstruksi dan produksi sehingga tantangan yang datang pun akan lebih beragam. Seluruh pihak yang terlibat dalam proyek ini harus mempersiapkan diri demi mencapai tujuan perusahaan untuk menjadi pertambangan kelas dunia yang didukung oleh energi terbarukan.

    “Industri ini memiliki risiko kerja yang tinggi. Oleh karenanya, kita harus mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan, rajin berolahraga, waspada dengan area kerja sekitar, dan jangan lelah untuk terus membuka wawasan melalui kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan spesifikasi profesi dan keahlian masing-masing,” tandas pria yang juga menggemari musik dan olahraga panjat tebing ini.

    Masuki dunia PT Sumbawa Timur Mining, di mana kami menghargai talenta seperti Dedy. Jadilah bagian dari cerita kami. Temukan peluang kerja kami di sini.

     

     

    Share
    Sumbawa Timur Mining
    Sumbawa Timur Mining