• English
  • Bahasa Indonesia
  • Dibiayai PT Sumbawa Timur Mining, Penetapan PPD Cempi Jaya Berlangsung Demokratis

    16 / 07 / 2024 Kisah

    Sumbawa Timur Mining

    Dompu, 16 Juli 2024— PT Sumbawa Timur Mining (STM) kembali melaksanakan Program Partisipasi Desa (PPD) tahun 2024 bagi desa se-Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Tahun ini, sosialisasi PPD dimulai dari Desa Cempi Jaya, Selasa (16/7/2024). Usulan program ditentukan melalui musyawarah desa yang berlangsung secara demokratis. 

    Manajer Community Relations (Comrel) STM Ulya Defretes, beserta tim Community Development, hadir dalam musyawarah yang berlangsung di Kantor Desa Cempi Jaya. Turut hadir Kepala Seksi Pemdes Kecamatan Hu’u Agus Salim, Kepala Desa Cempi Jaya Syafruddin, dan perwakilan masyarakat Cempi Jaya.  

    Dengan mengacu pada Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes), warga mendapat ruang untuk mengusulkan dan menentukan program kegiatan yang akan dibiayai melalui hibah STM ini. Banyaknya program yang diusulkan, membuat warga harus menentukan skala prioritas hingga dilakukan pemungutan suara antar warga yang hadir. 

    Setelah melalui diskusi yang dinamik, beberapa program akhirnya disepakati di Desa Cempi Jaya. Alokasi anggaran dibagi menjadi 50 persen program kesehatan, 30 persen program ekonomi, dan 20 persen program pendidikan. Beberapa program di antaranya yaitu pelengkapan fasilitas posyandu, revitalisasi PAUD, pengadaan toilet umum, dan pembuatan bronjong.  

    Dalam sambutannya, Ulya Defretes mengatakan, PPD telah dilaksanakan sejak 2017 untuk mendukung kebutuhan masyarakat sesuai RPJMDes. “Kami membutuhkan partisipasi Bapak dan Ibu sekalian untuk menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan prioritas kita,” katanya.  

    Musyawarah penentuan PPD 2024 di Cempi Jaya berjalan secara demokratis dan transparan.  

     

    Menanggapi dukungan STM, Syafruddin memberikan apresiasinya karena perusahaan secara konsisten mendukung pengembangan Desa Cempi Jaya. Menurutnya PPD semakin baik dari tahun ke tahun. “STM sudah banyak berbuat untuk kita. Mari kita sama-sama mendukung untuk kemajuan STM ke depan,” ajak Syafruddin. 

    Ia juga sempat menyampaikan beberapa program kegiatan yang masih relevan dengan RPJMDes. Namun usulannya itu tergantung dari kesepakatan dalam forum musyawarah desa. Ia berharap warga bisa memberikan masukan sesuai kondisi nyata di lapangan dan merupakan kebutuhan yang mendesak.  “Program ini setiap tahun ada. Yang harus dipikir, mana yang sangat mendesak dilaksanakan tahun ini,” katanya. 

    Pada tahun 2023 lalu, kegiatan PPD Desa Cempi Jaya bidang Kesehatan yang berhasil dilaksanakan berupa pembangunan 11 unit jamban keluarga. Di bidang pendidikan berupa pengadaan meja, kursi dan etalase buku di 3 PAUD yaitu Pelita Hati, Teluk Cempi, Sirnawan. Ada pula revitalisasi greenhouse di SDN 12 Hu’u. Sementara untuk bidang ekonomi yaitu pembangunan gorong-gorong di 4 lokasi. 

    Pada kegiatan sosialisasi dan musyawarah kali ini, STM juga menyerahkan 100 bibit pohon alpukat kepada Pemerintah Desa Cempi Jaya. Bantuan ini diharapkan dapat mendukung program penghijauan desa dan memberi manfaat budi daya buah bagi masyarakat di masa yang akan datang.  

     

     

     

    Tentang PT Sumbawa Timur Mining

    PT Sumbawa Timur Mining (STM) merupakan perusahaan joint venture antara Eastern Star Resources Pty Ltd (80%), anak usaha milik Vale, dan PT Aneka Tambang Tbk (20%). STM mengelola Proyek Hu’u, sebuah proyek eksplorasi tembaga yang beroperasi di bawah Kontrak Karya (KK) Generasi ke-7 di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Wilayah KK ini juga menyimpan sumber daya panas bumi. Untuk mengeksplorasi potensi ini, perusahaan telah menyelesaikan Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi Panas Bumi. Wilayah KK membentang seluas 19.260 hektar di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. STM kini terus melanjutkan perjalanannya untuk mencapai visinya menjadi operasi pertambangan tembaga kelas dunia yang didukung oleh energi terbarukan.

    Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Tim Komunikasi Sumbawa Timur Mining 

     

     

     

     

     

     

     

    Share
    Sumbawa Timur Mining
    Sumbawa Timur Mining